Fasilitas email ugm.ac.id adalah fasilitas yang diberikan bagi seluruh mahasiswa dan civitas akademika UGM. Mahasiswa Maksi pun berhak memiliki email ugm.ac.id. Syaratnya cuman satu, yaitu memiliki Kartu Mahasiwa UGM.

Email ini dapat digunakan seumur hidup, jadi sayang kalau ketika kita sudah memiliki Kartu Mahasiswa, kita tidak mengurus permintaan pembuatan email ugm kita. Karena ketika kita sudah lulus dan menjadi alumni, fasilitas email ini tidak bisa lagi kita mintakan. Namun bagi yang sudah punya, kita tetap dapat terus menggunakannya. Mungkin email ugm ini bisa jadi salah satu oleh-oleh selama kuliah di UGM.

email ugm.ac.id

Nah, bagi Anda yang belum memiliki email ugm, berikut ini langkah-langkah pembuatannya:

1. Daftar secara online melalui http://mail.ugm.ac.id/wmail/?a=emailIsikan seluruh field yang diminta dengan data yang benar. Untuk domain email, pilih yang @mail.ugm.ac.id, karena yang @ugm.ac.id digunakan untuk dosen dan lembaga-lembaga di UGM (himma menggunakan domain email @ugm.ac.id). Jangan lupa, field nomor kartu identitas harus diisi dengan Nomor Mahasiswa yang benar karena nanti akan digunakan untuk verifikasi. Setelah lengkap terisi, klik Daftar.

2. Langkah selanjutnya, tunjukkan Kartu Mahasiswamu ke petugas di PPTIK. Kalau belum tahu tempatnya, tanya sama yang udah tahu :D Kalau belum ketemu juga, silahkan cari di gedung di boulevard, seberangnya University Club, dan ada tulisannya Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK – UGM). Webnya ada di http://pptik.ugm.ac.id/

3. Setelah account email di aktivasi oleh petugas di PPTIK, emailmu sudah bisa digunakan. Lakukan login melalui webmail.ugm.ac.id. Biasanya, pada login pertama selalu gagal. Jangan panik dulu. Kata petugas PPTIK, triknya adalah dengan mengirimkan dulu email ke alamat email UGM mu yang baru itu. Dengan demikian, inboxmu akan terbentuk dan login bisa dilakukan dengan lancar.

Jika masih bingung, bisa baca FAQ mengenai pembuatan email. Jangan lupa taati peraturan penggunaan email.

* * *

Kalau sudah punya email UGM lalu buat apa? Ada banyak fasilitas yang bisa didapat dengan email UGM. Salah satunya adalah membuat blog dengan domain namablog.blog.ugm.ac.id. Caranya? Tunggu ya nanti akan dipaparkan dalam posting berikutnya.

Sumber: http://himma.maksi.ugm.ac.id/index.php?q=node/9